Agustus 29, 2023 | News Coverage

Meratus Group Resmi Menjadi Operator Pelabuhan Mangole Milik Sampoerna Kayoe

Jakarta, Agustus 2023 – Meratus Group, melalui PT Multi Sarana Pelabuhan Indonesia, dengan resmi menjalin kemitraan strategis dalam pengelolaan Terminal Khusus (Tersus) yang dimiliki oleh Sampoerna Kayoe, dengan PT Mangole Timber Producers (MTP) sebagai perantara. Kesepakatan ini secara resmi diumumkan dalam seremoni penandatanganan Award Concession pada Kamis, 3 Agustus 2023, di Kantor Meratus di Jakarta.

Kolaborasi ini mengarah pada peningkatan efisiensi dan produktivitas Pelabuhan Mangole di Kabupaten Mangoli, Maluku Utara. Pelabuhan ini memiliki peran kunci dalam memperlancar arus bahan baku utama serta produk olahan kayu seperti plywood dan wood pellet. Dengan ini, Meratus Group akan memegang tanggung jawab penuh atas semua aspek operasional pelabuhan, dengan visi untuk menjaga kerja sama yang berkelanjutan dalam jangka panjang.

Harry Handojo, CEO Mangole Timber Producers menyatakan ”Kami merasa sangat optimis mengenai kerja sama ini. Meratus Group sebagai mitra pengelolaan pelabuhan diharapkan akan membawa dampak positif yang signifikan. Kolaborasi ini bukan hanya meningkatkan efisiensi operasional Pelabuhan Mangole, tetapi juga akan memberikan manfaat ekonomi yang lebih luas bagi masyarakat Maluku Utara. Kami yakin kerja sama ini akan membantu menghubungankan komoditas kayu Indonesia dengan pasar global”.

PT Mangole Timber Producers memiliki produk berupa plywood dan wood pellet dimana bahan baku utama yang dipasok dari hutan tanaman industri. Bisnis ini juga telah menjadi salah satu pilar penyangga perekonomian di wilayah Maluku Utara serta berpotensi membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat lokal sekitar Maluku Utara.

Kemitraan dengan Meratus Group dan Mangole Timber Producers tidak hanya mencerminkan babak baru dalam pengelolaan pelabuhan, tetapi juga menunjukkan penguatan konektivitas di Indonesia Timur. Dengan mengoptimalkan distribusi komoditas kayu melalui Pelabuhan Mangole, kolaborasi ini memiliki potensi untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan dan kemajuan bagi wilayah ini, yang menjadi tonggak penting dalam perjalanan ekonomi Indonesia.

×

WhatsApp

×